Selasa, 13 Agustus 2013

Misteri Dunia

Link : Klik DISINI
========================================================================
Misteri Kematian:
Ilmuwan Klaim, Kematian Bisa Ditunda!


Kematian adalah salah satu rencana dan takdir yang hanya diketahui oleh Tuhan. Namun, para ilmuwan mencoba ‘memaksa’ untuk mengetahui proses kematian tersebut, waduuh!
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh sekelompok ilmuwan dari Institute of Health Aging di University College London menjelaskan bahwa mereka berhasil menemukan sedikit informasi tentang proses bagaimana kematian tersebut mendatangi makhluk hidup.
Dalam Scientific American (03/08/2013) dituliskan bahwa untuk melakukan penelitian tersebut para ilmuwan menggunakan cacing sebagai obyek karena struktur dalam dan mekanisme tubuhnya menyerupai mamalia.
Dari penelitian tersebut, para ilmuwan mengatakan bahwa kematian itu mendatangi makhluk hidup (cacing) secara perlahan dan menyebar untuk mematikan satu sel ke sel lainnya.
Dijelaskan pula, bahwa kematian tersebut memiliki satu tanda yang berwarna biru terang. Warna biru yang disebut juga sebagai “Blue Death” ini dihasilkan oleh sebuah molekul bernama asam antranilat atau anthranilic acid.

David Gems, salah seorang peneliti menjelaskan, “Kematian memiliki warna biru yang akan menyebar perlahan dan membunuh sel demi sel di tubuh makhluk hidup.”
Walaupun secara logika orang awam akan merasa sangat janggal dan aneh, namun para ilmuwan yakin bahwa mereka dapat menunda kematian dengan menghalangi jalur dari penyebaran “si biru” tersebut.
Namun mereka juga mengatakan bahwa penundaan kematian tersebut hanya berlaku pada makhluk hidup yang akan mati karena sakit, bukan karena faktor usia.
Menurut ilmuwan, dari beberapa penyakit yang dapat diperpanjang atau “ditunda” kematiannya tersebut adalah:
Cancer, atau Kanker dari berbagai jenis akibat penyakit Kanker.
Dementia (demensia) yaitu penurunan fungsional yang disebabkan oleh kelainan yang terjadi pada otak seperti pikun, stroke, alzheimer, penyakit Creutzfeldt-Jakob, Huntington, Parkinson, AIDS, dan lain-lain. Demesia juga dapat diinduksi oleh defisiensi niasin.
Cardiovascular disease (heart disease), yaitu penyakit jantung adalah kelas penyakit yang melibatkan jantung, pembuluh darah (arteri, kapiler, dan vena) atau keduanya.
Diabetes mellitus (DM), atau singkatnya diabetes atau dikenal di Indonesia sebagai penyakit kencing manis adalah kelainan metabolik yang disebabkan oleh banyak faktor, dengan simtoma berupa hiperglikemia kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein.
Blindness, atau penyakit Kebutaan yaitu kondisi kurangnya persepsi visual karena faktor fisiologis atau neurologis dan merupakan sebuah penyakit pada mata yang disebabkan orang tidak bisa melihat. Di Indonesia Glaukoma merupakan penyebab kedua kebutaan setelah Katarak.
Osteoporosis, adalah penyakit tulang yang mempunyai sifat-sifat khas berupa massa tulang yang rendah, disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang.
Incontinence, atau Inkontinensia adalah penyakit untuk masalah excretion atau sistim pengeluaran, yaitu Urine Incontinence (UI) atau ketidakmampuan menahan air kencing. Kejadian ini disebabkan karena ada kegagalan sistem kandung kemih dan uretra (vesikouretra) pada saat masuknya urin secara berangsur-angsur dari ureter (fase pengisian). Juga ada Fecal Incontinence (FI) atau ketidakmampuan menahan “air besar” juga disebut inkontinensia feses, inkontinensia usus atau inkontinensia anal, adalah kurangnya kontrol atas buang air besar.
Dan para ilmuwan mengklaim masih ada beberapa penyakit lainnya yang dapat menyebabkan kematian tapi dapat ditunda oleh metoda “penundaan kematian” ini. Bahkan dikemudian hari, akan ada lebih banyak lagi penyakit-penyakit lainnya yang dapat ditunda kematiannya.
Memang semua ajal makhluk hidup adalah Tuhan yang mengatur tapi manusia harus tetap berusaha. Namun kalau usaha manusia sudah jauh mau mencoba melawan takdirnya, nanti bisa “kualat”. Haduh, ada-ada saja. (sumber, wikipedia, merdeka, youtube, edited by: icc).
 ========================================================================
Tanpa Obat, Ternyata Protein di Tubuh Manusia Bisa Hancurkan Sel Kanker!

Peneliti telah membuat terobosan baru dengan menemukan bahwa tubuh ternyata bisa menghancurkan sel kanker tanpa bantuan obat. Mereka menemukan sebuah molekul yang bisa mengaktifkan protein penyerang kanker dalam tubuh.
Protein TC10 digunakan untuk mengaktifkan gen TRAIL (TNF-related apoptosis-inducing ligand) yang bisa menekan pertumbuhan tumor dengan bantuan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh bertugas mencari sel kanker yang ada dalam tubuh.

Dalam bidang biologi sel, TRAIL adalah protein yang berfungsi sebagai ligan yang menginduksi proses kematian sel yang disebut apoptosis, yaitu mekanisme biologi yang merupakan salah satu jenis kematian sel terprogram.

Apoptosis digunakan oleh organisme multisel untuk membuang sel yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh.
Sedangkan ligan di dalam ilmu biokimia dan farmakologi, adalah zat (biasanya molekul kecil), yang membentuk kompleks kimiawi dengan biomolekul untuk melayani tujuan secara biologis.
Dalam arti sempit, adalah sinyal pemicu molekul, yang mengikat pada protein yang telah ditargetkan.
TRAIL sendiri sebenarnya telah digunakan dalam kinerja sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak akan beracun untuk tubuh seperti kemoterapi ataupun radioterapi.
Sedangkan protein TC10 adalah protein yang sangat kecil (dengan ukuran ~21 kDa) yang memberikan sinyal kepada G-protein (guanine nucleotide-binding proteins) adalah keluarga protein yang terlibat dalam transmisi sinyal dari berbagai rangsangan yang berbeda dari luar sel ke dalam sel.
G-protein tersebut akan memberikan sinyal khususnya kepada GTPase, yang merupakan anggota dari keluarga Rho dari GTPases. GTPase adalah keluarga besar enzim hidrolase (hydrolase enzymes) yang dapat mengikat dan menghidrolisis guanosine triphosphate(GTP). GTP mengikat dan hidrolisis berlangsung pada domain-G domain yang sangat umum untuk semua GTPase.

Selain itu, TC10 yang berukuran kecil akan lebih efektif dalam proses penemuan sel kanker karena bisa melewati halangan pada otak yang memisahkan sistem sirkulasi dan otak. Penghalang ini biasanya mencegah obat kanker untuk masuk ke otak sehingga membuat pengobatan kanker otak menjadi terhambat.
“Kami sama sekali tak menyangka bahwa molekul ini bisa mengobati kanker otak, ini kejutan,” ungkap ketua peneliti Wafil El-Deiry dari Pennsylvania State University, seperti dilansir oleh Daily Mail (08/02/13).
Meski penelitian ini baru berhasil diujikan pada tikus laboratorium, namun El Deiry percaya diri pendekatan ini bisa berhasil untuk manusia.
Saat ini peneliti berusaha mengembangkan cara ini agar bisa digunakan pada manusia dalam bentuk terapi kanker yang efektif dan selektif. Jika berhasil, di masa depan bisa jadi pasien kanker tak memerlukan obat untuk menyembuhkan mereka. (Daily Mail / merdeka / jneurosci.org / wikipedia)

========================================================================

Obat AIDS:
Melittin Pada Racun Lebah Mampu Bunuh HIV

WASHINGTON, AS – Ilmuwan dari Washington University di St. Louis membuktikan bahwa racun lebah mampu menghancurkan Human Immunodeficiency Virus (HIV) atau virus penyebab penyakit AIDS. Penelitian ini membuka peluang dan harapan baru pencegahan sekaligus penyembuhan HIV/AIDS.
asil penelitian ini dipublikasikan di jurnal Antiviral Therapy. Penelitian menguraikan betapa penggunaan racun lebah bernama melittin danpartikel nano (sebagai pembawa ke dalam darah) mampu membunuh virus yang jadi musuh besar manusia ini.
Melittin menyerang berdasarkan karakter fisik virus HIV. Secara teoritis, tak ada cara bagi virus untuk beradaptasi,” jelas Joshua L. Hood.
“Virus harus memiliki lapisan pelindung, dua membran yang melindungi virus,” tambah Joshua L. Hood, ilmuwan yang terlibat riset ini.
Melittin dari racun, bisa atau sengatan lebah ini ternyata memiliki cara kerja khusus dalam menyerang virus HIV.
“Melittin pada partikel nano “berfusi” dengan lapisan luar virus. Melittin membentuk pori kecil, menghacurkan lapisan pelindung dan menelanjangi virus,” kata Hood seperti dikutipSpectrum IEEE, Rabu (6/3/2013).

Melittin dan partikel nano ini bekerja spesifik pada HIV. Jadi, tidak merugikan sel tubuh manusia sendiri. Hood melengkapi partikel nano dengan “protective bumpers”, ruang pada permukaan partikel nano. Sel manusia takkan pas dengan protective bumpers ini.
gan penggunaan racun lebah dan partikel nano, HIV bisa dihilangkan dari tubuh manusia.
Ini berbeda dengan perawatan anti retro-viralyang hanya mencegah reproduksi HIV.
Dengan kata lain, racun lebah dan partikel nano membuat orang dengan HIV/AIDS bisa sembuh.
Ke depan, racun lebah diharapkan bisa digunakan sebagai salah satu komposisi gel vagina untuk mencegah infeksi HIV. Racun lebah juga bisa disuntikkan lewat pembuluh darah balik manusia, membuat orang dengan HIV/AIDS bisa sembuh total. (Antiviral Therapy/Spectrum IEEE)

========================================================================

Terkuak, Rahasia Umur Panjang ala Jepang: Hyaluronic Acid, Zat Panjang Umur!!

Apa rahasia umur panjang penduduk Jepang? Mereka menceritakan pengalaman hidupnya agar bisa berumur panjang. Salah satu zat yang sering mereka makan adalahHyaluronic Acid (HA)
Hyaluronic Acid atau Restiaid Asam hialuronat atau Hyaluronan atauhyaluronic acid atau hyaluronate (atau disingkat HA) adalah suatu zat yang terdapat pada seluruh jaringan tubuh manusia, yang berfungsi mengikat air. Kepentingan akan Hyaluronic Acid tidak dapat dianggap remeh.
Jadi HA adalah polisakarida alami yang menyusun jaringan ikat. Fungsi utama molekul ini adalah untuk menstabilkan struktur interseluler (bagian dalam sel) dan membentuk matriks fluida untuk tempat pengikatan kolagen dan serat elastik.
Di dalam tubuh, asam hialuronat terdapat dalam wujud gel pada kulit dan tali pusat, serta terlarut pada cairan sinovial. Monomer penyusun asam hialuronat adalah disakarida asam N-asetilhialobiuronat.
Seiring dengan pertambahan usia, jumlah asam hialuronat di kulit akan menurun sehingga menyebabkan peningkatan kerutan. Salah satu aplikasi dari asam hialuronat adalah sebagai jaringan pengisi lunak untuk mengatasi lipatan dan kerut di wajah. Beberapa perusahaan kosmetik telah membuat produk dari asam hialuronat yang dapat bertahan lebih lama di jaringan lunak.
Karena kita tahu bahwa sebagian besar dari tubuh kita terdiri dari air. Jadi air adalah sesuatu yang sangat penting untuk kesehatan dan termasuk kecantikan.
pada tubuh banyak ditemukan pada:
§  Sendi
§  Kulit
§  Mata
§  Gusi
§  Rambut
Sendi-sendi kita (seperti sikut dan dengkul) semuanya dikelilingi oleh membrane yang dinamakan synovial membrane, yang mana bentuknya seperti kapsul mangelilingi ujung-ujung tulang.
Membran ini menyimpan cairan yang dinamakan synovial fluid. Pada dasarnya, synovial fluid ditemukan pada rongga-rongga sambungan/sendi. Mempunyai banyak fungsi, termasuk menyediakan pelumas, sebagai alat penahan goncangan, dan pembawa nutrisi. Cairan ini melindungi sendi dan tulang.

Tetapi akibat dari bertambahnya usia, maka kandungan Hyaluronic Acid akan semakin berkurang. Dan apa yang akan terjadi jika sendi kekurangan Hyaluronic Acid ? Sendi akan terasa sakit, sehingga sulit untuk beraktifitas. Penyakit ini disebut Osteoarthritis.
Fungsi HA pada Mata
HA juga berfungsi untuk memperjelas penglihatan, memberikan pelumas pada mata. Karena bola mata kita dikelilingi oleh HA. HA juga biasanya digunakan pada pengoperasian mata, khususnya pada operasi katarak dan glaucoma.
Fungsi HA terhadap Otak
Besaran otak akan mengecil karena usia bertambah. Ini disebabkan karena kandungan air dan Hyaluronic Acid pada otak yang berkurang, sehingga akan menyebabkan pikun. Untuk itu untuk menjaga agar besaran otak tetap, maka kita perlu suplai kembali Hyaluronic Acid.

Fungsi HA pada Kulit
HA pada kulit terdapat pada epidermis dan dermis. Pada Dermis, HA mengisi ruang antaracollagen dan elastin.
Karena faktor usia dan sinar matahari , maka menyebabkan hilangnya kadar air dan kandungan HA pada lapisan dermis dan epidermis yang menyebabkan kulit kusam, kasar dan berkerut.
Secara umum Fungsi HA pada kulit :
§  Melembabkan kulit dengan mengikat air
§  Mengisi celah yang kosong pada kulit
§  Meningkatkan metabolisme kulit
§  Meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi garis-garis halus pada wajah
§  Mengaktifkan kembali sel matrik, pembentukan collagen
Fungsi lain dari HA adalah:
§  Meningkatkan Vitalitas
§  Mempercepat penyembuhan luka
§  Pertumbuhan rambut
§  Memperbaiki jaringan
§  Meningkatkan daya ingat
§  Meningkatkan kepadatan tulang
§  Kestabilan emosi
§  Meningkatkan potensi seksual
§  Menguatkan organ-organ dalam
Tingkat Kandungan HA Pada Tubuh Manusia:
Bayi – usia 20 tahun: Kandungan HA sekitar 80% – 100%
Setelah berusia 25 tahun: Kandungan HA sekitar 65%
Setelah berusia 50 tahun: Kandungan HA sekitar 45%
Setelah berusia 60 tahun: Kandungan HA sekitar 25%
Keberadaan air dan Hyaluronic Acid pada tubuh adalah sangat penting. Karena apabila kandungan kedua zat tersebut tercukupi, maka masalah yang selalu ditakuti setiap orang, kini telah terjawab. Hidup sehat dan awet muda dengan Hyaluronic Acid.
Pada makanan apa terdapat zat Hyaluronic Acid ini? Salah stunya adalah pada Satoimo atau Talas Jepang atau yang sering dinamai juga Taro Potato.
Satoimo (Colocasia esculenta) yang dikenal dengan nama Taro Potato atau Talas Jepang merupakan rahasia sehat dan panjang umur serta awet muda di Jepang, yang masih dipertahankan hingga saat ini.
Sejarah Ditemukannya Satoimo
Ada sebuah desa di Jepang disebut Yuzuri Hara di mana penduduk di sana hidup hingga usia lebih dari sembilan puluh tahun, dengan kondisi yang masih luar biasa, bugar dan sehat.

Selain itu, mereka terlihat muda pada usia 50 tahun, meskipun pada umumnya mereka bekerja di luar di bawah sinar matahari sepanjang hari.
Penyakit seperti kanker dan Alzheimers hampir tidak dikenal di daerah ini, bahkan di kalangan perokok berat.
Setelah diselidiki rahasia sehat, awet muda dan panjang umur di desa Yuzuri Hara adalah SATOIMO.
Penelitian mengenai Satoimo telah dilakukan dan hasilnya menunjukkan bahwa satoimo sangat kaya akan Hyaluronic Acid (HA), substansi yang diproduksi secara alami oleh tubuh kita yang jumlahnya berlimpah ketika kita masih muda.

Sayangnya hyaluronic acid ini berkurang seiring dengan bertambahnya usia, sehingga kulit menjadi keriput, bergaris, kering dan lainnya.
Efek serupa pun ditunjukan oleh organ-organ bagian dalam tubuh kita. Dimana hyaluronic acid sangat diperlukan oleh tubuh, agar tubuh tetap dalam kondisi baik dan berfungsi dengan baik hingga tahap seluler.
Selain itu, Hyaluronic acid sangat berperan dalam kesehatan sendi, penglihatan, jaringan penghubung (connective tissue), mempercepat proses penyembuhan luka, dan sangat berperan dalam pembentukan kolagen.
Manfaat Collagen bagi tubuh Manusia:
§  Membantu meremajakan kulit & mencegah penuaan kulit
§  Membantu mengatasi masalah tulang / osteoarthritis dengan cara mengurangi nyeri, meningkatkan pergerakan dari sendi, memperkuat jaringan ikat & dapat mempercepat proses penyembuhan
§  Memperkuat pembuluh darah & meningkatkan sirkulasi sehingga dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung.
Ada pertanyaan, apa beda talas Jepang Satoimo (Colocasia esculenta) dengan talas yang ada di Indonesia misal talas yang terkenal, Talas Bogor (Colocasia giganteum). Selain di Bogor talas di Indonesia juga banyak dijumpai di daerah Malang dan Bali.
Talas bogor masuk dalam genus Xanthosoma juga tersebar di kawasan Asia dan mempunyai nama yang juga berbeda, seperti malanga, otoy, otoe, new cocoyam, tannia,tannier, yautĆ­a, macabo, taioba, dasheen, quequisque, Ź»ape (di Papua New Guinea) dan di Singapore disebut juga taro (taro kongkong). Sedangkan jenis tumbuhannya di Indonesia dimanakan keladi.
Namun talas Jepang ini jika dilihat dari fisiknya lebih mendekati umbi yang di Indonesia disebut Bentul. Dan dari fisik pohonnya juga tak jauh berbeda dengan bentul. Sedangkan talas Bogor memiliki daun yang lebih besar dari bentul. Namun bisa jadi, mungkin tak banyak berbeda pula dari zat yang terkandung di dalamnya. Bagaimana? Anda mau mencobanya?
(sumber: wikipedia/havitalindonesia.com/produkabe.com/icc.wp.com)

========================================================================

Misteri Hubungan Kopi Sebagai Penyembuh Kanker dan Diabetes

“Data yang dimiliki ini menunjukkan bahwa dalam kurun 20 tahun mulai 1986 hingga 2006, ada 4.975 kasus kanker prostat yang terdiagnosis, namun hanya terdapat 846 kasus yang mengancam jiwa.”
Menyeruput secangkir kopi panas di pagi hari tak terbayangkan nikmatnya. Apalagi dilanjutkan berolahraga dengan berlari beberapa kilometer, tak hanya kenikmatan yang terasa, tapi juga kesegaran dan kesembuhan dari penyakit berbahaya.
Banyak orang tak yakin bahwa kopi memiliki khasiat untuk mengurangi risiko pria meninggal akibat kanker prostat.

berdasarkan studi, mengkonsumsi beberapa cangkir kopi sehari dan dipadu dengan aktif berolahraga, ancaman kanker prostat akan jauh berkurang.
Meski belum ada bukti gabungan minum kopi beberapa cangkir setiap hari dengan kegiatan fisik mampu mencegah kanker prostat, namun data dari Health Professionals Follow-Up Study mendukung hasil temuan itu.
“Saya tak merekomendasikan orang banyak minum kopi menyusul hasil temuan ini. Tapi bagi para penyuka kopi, tak ada alasan untuk mengurangi kebiasaan mereka ini,” kata Kathryn M. Wilson, peneliti epidemiologi di Harvard School of Public Health, yang juga meneliti hubungan antara minum kopi dan olahraga dengan berkurangnya risiko kematian akibat kanker prostat.
Data yang dimiliki wanita ini menunjukkan bahwa dalam kurun 20 tahun mulai 1986 hingga 2006, ada 4.975 kasus kanker prostat yang terdiagnosis, namun hanya terdapat 846 kasus yang mengancam jiwa.
meski studi yang dilakukan Wilson belum menemukan hubungan yang jelas antara mengkonsumsi enam cangkir hingga lebih kopi per hari dengan berkurangnya risiko semua jenis kanker prostat (turun sekitar 19%).
Tapi penurunan risiko untuk jenis kanker prostat ganas justru lebih besar, yakni 41%.
Sementara terdapat hubungan yang jelas antara jumlah kopi yang dikonsumsi dengan risiko kanker prostat.
Bagi mereka yang banyak minum kopi, efeknya lebih besar. Memang belum terlihat bahwa kafein dalam kopi sebagai pemicunya, karena penurunan risiko yang sama juga terlihat pada pengkonsumsi kopi non-kafein.
Dari sini bisa ditarik benang merahnya bahwa sebenarnya kopinya itu yang mampu mengurangi risiko ancaman kanker prostat. Bahkan dalam berbagai studi diketahui bahwa kopi juga dapat mengurangi risiko terkena diabetes.
Tapi dalam studi yang dilakukan Stacey A. Kenfield, peneliti di Harvard School of Public Health, terhadap aktivitas fisik 2.686 pria yang terdiagnosis kanker prostat, ditemukan bahwa tingkat kematian akibat kanker prostat menurun.
Tingkat kematian penderita kanker prostat yang aktif berolahraga lebih rendah 12% dibandingkan dengan mereka yang malas beraktivitas fisik.
Jadi intinya, rajinlah berolahraga, karena aktivitas fisik ini dapat mengurangi risiko kematian dari penyakit apapun.
Demikian juga setidaknya hasil studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention. Sekitar 39 persen peminum kopi reguler (secara teratur) ternyata menurunkan risiko kanker kepala dan leher.
Mereka yang minum kopi empat cangkir atau lebih, diperkirakan punya daya hempang terhadap kanker mulut dan tenggorokan dibanding bukan peminum kopi.
“Kopi berisi lebih dari seribu bahan kimia, beberapa memiliki aktivitas antioxidant dan antimutagenik,” kata Mia Hashibe, asisten profesor kedokteran di University of Utahdan peneliti utama studi tersebut.
“Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengidentifikasi bahan dalam kopi yang bertanggung jawab atas hasil yang twramati dalam studi tersebut.
Tetapi penelitian baru-baru ini semakin dekat untuk membuka kekuatan misterius di balik minuman luar biasa tersebut.
Kopi, mulai dari khasiat untuk menekan risiko kanker, diabetes sampai menajamkan memori, sebagian besar studi menunjukkan bahwa kopi sangat baik dikonsumsi, namun mengapa demikian?
Para ilmuwan masih mencoba untuk menentukan, apa sebenarnya kandungan kopi yang dapat memberikan sifat melawan penyakit. (go4healthylife.com / MedanTalk.com)

========================================================================


0 komentar:

Posting Komentar