Rabu, 14 Agustus 2013

Tips Hidup Sehat

Membangun Kecerdasan Pada Anak


Kecerdasan anak bukan sekedaran pemberian atau pembaawan gen. Sebagai orang tua, Anda bertanggung jawab atas perkembangan kecerdasan anak, olehnya itu beberapa hal berikut ini bisa Anda terapkan guna peningkatan kecerdasan anak.


ASI Eksklusif untuk Kecerdasan Anak

Jika Anda memiliki buah hati yang masih bayi, berarti peluang Anda untuk meningkatkan kecerdasan anak Anda masih terbuka lebar. Salah satu cara efektif untuk meningkatkan kecerdasan bayi adalah dengan memberinya ASI eksklusif selama 9 bulan. Sebuah studi di Denmark mengungkap bahwa bayi yang diberi ASI eksklusif selama 9 bulan mengalami pertumbuhan yang signifikan dan lebih cerdas dari bayi yang hanya mendapatkan ASI satu bulan atau kurang.


Cukupi gizinya

Terpenuhinya kebutuhan gizi sangatlah penting. Ajarkan kebiasaan mengonsumsi makanan sehat sejak dini, seperti tidak memberi buah hati makanan-makanan junk food dan menggantinya dengan sayuran serta buah-buahan segar. Di masa pertumbuhan, otak anak Anda membutuhkan nutrisi penting, seperti asam lemak Omega-3 yang bisa didapatkan dari ikan. Beberapa studi membuktikan bahwa anak-anak yang gemar menyantap ikan seperti, tuna, salmon, dan cod, memiliki pikiran yang tajam dan mencatat hasil yang baik dalam ujian.(Baca juga: Daftar Vitamin untuk Cerdaskan Otak Anak )


Kenalkan Musik


Otak terbagi dalam dua sisi, yakni sis kanan dan sisi kiri, kemampuan dua sisi otak itu pun berbeda, otak kiri bekerja merekam berbagai pelajaran, sementara otak kanan bekerja untuk kreatifitas. University of Toronto menyebutkan bahwa memperkenalkan musik kepada anak bisa menjadi langkah yang tepat untuk melatih kemampuan otak kanan. Mereka juga menyatakan bahwa anak-anak yang bermain musik memiliki kemajuan yang pesat dalam IQ dan kemampuan akademik saat mereka menginjak usia remaja.


Biasakan Sarapan Sehat



Ini adalah kebiasaan kecil yang masih sering diabaikan oleh orang tua. Membiasakan anak sarapan dapat meningkatkan memori dan konsentrasi saat belajar. Sarapan bermanfaat meningkatkan prestasi anak di sekolah . Anak-anak yang tidak terbiasa sarapan akan cepat lelah dan sulit berkonsentrasi terhadap pelajaran yang diterimanya.
Hal Penting untuk ana menjadi cerdas


Kenalkan Olahraga

Kecerdasan bukan semata-mata adalah urusan otak, kecerdasan dipengaruhi oleh kondisi fisik yang fit. Tim peneliti dari University of Illinois membuktikan bahwa ada hubungan yang kuat antara kebugaran fisik dengan prestasi akademik anak-anak. Secara umum aktivitas fisik saat berolahraga berhubungan erat dengan prestasi belajar anak-anak. Meningkatnya aliran darah dan oksigen ke otak saat berolahraga dianggap sebagai faktor yang mempengaruhi tingkat kecerdasan anak saat mengerjakan soal-soal ujian.


Budayakan Membaca sejak dini

Membaca baik untuk segala usia, termasuk anak-anak. Membaca merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan pengetahuan dan perkembangan kognitif anak-anak. Menurut Paul C.Burns, Betty D. Roe & Elinor P. Ross, pakar pendidikan anak dari Amerika Serikat, ada delapan aspek yang bekerja saat anak-anak terbiasa membaca, yaitu aspek sensori, persepsi, sekuensial (tata urutan kerja), pengalaman, berpikir, belajar, asosiasi, dan afeksi, di mana semua aspek tersebut merupakan faktor penting dalam meningkatkan kecerdasan dan kemampuan otak anak. So, jika Anda menginginkan anak-anak yang cerdas dan pintar, Anda sudah tahu rahasianya.


 ========================================================================


Tehnik Pemijatan Payudara u/Mengatasi kanker


Struktur dasar payudara terdiri dari lemak dan kelenjar, dipasang ke dinding dada perempuan dengan sistem halus ligamen. Sirkulasi pada payudara kurang lebih sama dengan bagian tubuh lainnya yang terdiri dari arteri, vena, dan pembuluh limfatik.

Singkatnya, arteri membawa darah segar ke sel-sel itu membawa bersama-sama dengan nutrisi bahwa payudara dan kebutuhan jaringan kesehatan yang tepat. Vena membawa darah kembali dari sel bersama dengan sampah sel-sel dan racun. Limfatik dirancang untuk mengembalikan toksin dan bahan-bahan limbah lainnya yang terletak di interselular cairan di antara sel.

Manfaat Pemijatan Payudara


Lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat pijat payudara yang perlu diketahui, sebagai alasan mengapa anda harus melakukan rutinitas ini;

1. Manfaat terapis
Pijat payudara juga bisa menjadi teknik penyembuhan yang baik untuk rasa sakit atau nyeri di payudara, termasuk yang berhubungan dengan jaringan parut, karena sentuhan lembut dan pijat dapat menjadi terapi atau terapi. Pijatan ini dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit pada payudara serta relaksasi kekakuan atau ketegangan pada ligamen.

2. Menjaga bentuk payudara
Pijat payudara bermanfaat untuk  menjaga bentuk payudara dan mencegahnya agar tidak kendur. Hal ini karena pijat payudara bisa merangsang sirkulasi yang diperlukan dalam menjaga jaringan payudara sehat, serta memperkuat ketahanan jaringan otot dan membangun ketahanan pada ligamen. Selain itu, pijat ini juga membuat payudara menjadi lebih kencang sehingga tidak melorot, hasilnya akan memiliki garis payudara yang lebih menarik. Baca juga: 
Tips Perawatan dan perbesar Payudara

3. Pijat payudara dapat memperlancar ASI
Pijat payudara sementara wanita hamil, yang bertujuan untuk memperkuat dan melenturkan puting dan merangsang kelenjar-kelenjar dalam ASI sehingga nantinya dapat menghasilkan ASI dan lancar. Pijat dapat dimulai setelah usia 7 bulan kehamilan.

Pijat payudara juga bisa dilakukan setelah melahirkan yang bertujuan untuk merangsang dan meningkatkan volume ASI, serta mencegah pembengkakan payudara. Pijat payudara dapat dimulai setelah hari kedua kerja. Baca juga : 
Keutamaan ASI dan Manfaat Menyusui

4. Manfaat pijat payudara untuk kesehatan
Manfaat kesehatan yang diperoleh dari pijat payudara mampu menghilangkan racun dari sistem limfatik tubuh, karena racun menghambat sirkulasi yang sehat pada payudara. Pijat ini juga merangsang sistem limfatik drainase yang menghasilkan bahaya produk limbah dan memungkinkan lebih banyak nutrisi ke jaringan payudara.

5. Bentuk pencegahan dan deteksi dini
Pijat payudara diketahui dapat membantu deteksi dini jika ada benjolan atau kelainan pada payudara. Deteksi dini akan menjadi kunci untuk menyelamatkan nyawa. Untuk itu pijatlah payudara secara teratur dan penyelidikan ditambah jika berusia di atas 40 tahun sebagai bentuk pencegahan.



Manfaat Pijat Payudara

Teknik Pemijatan Payudara untuk mendapatkan manfaat kesehatan tersebut di atas, anda dapat latihan teknik pemijatan payudara secara rutin dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini; 
  1. Dengan menggunakan kedua telapak tangan, lakukan gerakan dengan tekanan sedang dari bawah ke atas, di antara kedua payudara Anda. Lakukan gerakan 4-5 kali.
  2. Tekan dengan lembut bagian puting payudara kanan Anda dengan jari, kemudian pijatlah dengan 2 jari tangan kiri Anda ke arah luar. Lakukan seperti tadi untuk payudara kiri.
  3. Letakkan kedua telapak tangan Anda di atas payudara kanan, kemudian lakukan gerakan memutar sambil di arahkan ke atas. Lakukan seperti tadi untuk payudara kiri.
  4. Letakkan kedua telapak tangan di masing-masing payudara (bagian bawah garis payudara), dengan ibu jari menekan bagian bawah payudara, buat gerakan ke arah dalam.
  5. Letakkan kedua telapak tangan di masing-masing payudara (bagian bawah garis payudara), dengan ibu jari menekan bagian atas payudara, buat gerakan ke arah dalam (seperti merangkum ke arah tengah).
  6. Letakkan kedua telapak tangan di masing-masing payudara (bagian bawah garis payudara), dengan ibu jari menekan bagian atas payudara, gerakkan hanya ibu jari saja ke arah dalam (empat jari lain menyangga bawah payudara).

Sementara itu, untuk mencecah kanker payudara, anda betul- perlu memperhatikan bahwa racun dipercaya oleh banyak orang sebagai awal tumbuhnya jaringan kanker. Sangat penting bahwa racun ini harus terus-menerus dibuang melalui urat-urat tubuh dan pembuluh limfatik. Ketika racun ini tidak dapat keluar dari tubuh dengan benar, kemungkinan besar resiko kanker akan meningkat.

Ilustrasi pijat payudara

Sebagaimana disebutkan di atas, bahwa 
pijat payudara bermanfaat untuk membuang racun yang akhirnya dapat menyebabkan kanker payudara. Pada bagian ini akan dibagikan 4 langkah pemijatan payudara untuk menghindari kanker payudara yang banyak mengancam wanita.

Sebuah studi baru-baru ini dari 4.700 wanita ditemukan bahwa wanita yang memakai bra memiliki kesempatan untuk memperoleh peningkatan kanker payudara. Hal ini sangat mungkin dikarenakan tekanan yang konstan dan terus menerus saat memakai bra akan membatasi aliran racun yang perlu dikeluarkan, sehingga meningkatkan resiko kanker payudara. Setiap permukaan bramemberikan tekanan pada pembuluh limfatik dan menghentikan aliran racun dari payudara.

Studi menemukan tingkat tertinggi kanker payudara pada orang-orang yang memakai bra 24 jam sehari, dan tingkat terendah pada mereka yang tidak pernah memakai bra. Studi tersebut menunjukkan bahwa perempuan harus memakai bra mereka kurang dari 12 jam sehari.
sumber : Singer, Sydney Ross. Dressed to Kill: The Link Between Breast Cancer dan Bras, Garden City Park, NY: Avery Pub. Group, 1995.

Empat langkah teknik pemijatan sederhana yang bisa dilakukan, oleh diri sendiri, cukup di rumah anda tanpa perlu bantuan dokter. Namun anda harus rutin melakukan pijatan tersebut agar bermanfaat bagi kesetahan anda.

Prosedur ini harus dilakukan setidaknya dua kali seminggu. Untuk kenyamanan saat anda memijat payudara dapat anda gunakan cream payudara atau body lotion juga baby oil. Jangan menggunakan cream, lotion atau minyak berbahan dasar minyak aroma terapi.

Langkah #1 :
Gunakan jari Anda dengan tekanan lembut dan halus bergerak menjauh dari puting merata ke seluh bagian payudara. Tekanan jari akan meratakan pembuluh limfatik dan menghentikan aliran racun dan cairan. Juga, dapat memperlambat resiko stroke

Langkah #2 :
Dengan lembut pijat payudara dengan meremas menggunakan gerakan mengangkat dan menekan.

Langkah #3 :
Pelan-pelan dan hati-hati menggunakan tangan untuk memelintir payudara searah putaran jam juga berlawanan arah, gerakan dilakukan hati-hati dan lembut

Langkah #4 :
Gunakan kedua tangan seperti yang ditunjukkan untuk menerapkan beberapa gerakan dengan intensitas sedang , tekanan untuk mendorong keluar cairan lebih banyak.

Tujuan dari teknik pijatan ini adalah untukmengeluarkan cairan dari payudara, (baik vena dan interselular), membawa nutrisi ke jaringan dan secara khusus mengeluarkan racun melalui sistem limfatik. Selain itu, teknik ini akan meningkatkan kesehatan dan dukungan elastisitas ligamen, yang pada gilirannya akan menyediakan Anda dengan lebih baik dukungan payudara.

Lebih spesifik, langkah pertama adalah gerakan menguras lembut dirancang untuk menguras sistem limfatik payudara dan mungkin yang paling penting dari empat langkah. Langkah nomor Dua dan Empat adalah untuk membantu dalam pergerakan vena cairan. Merasa bebas untuk bereksperimen dengan kedua gerakan dan menemukan apa yang nyaman bagi Anda. Langkah Tiga adalah hanya untuk membantu menjaga dukungan Anda ligamen dalam kesehatan yang baik dan membantu dalam melawan gravitasi.

Agar lebih sempurna, terapkan gaya hidup sehat dalam kehidupan anda, sehingga selain rutin melakukan pemijatan payudara, anda perlu melakukan olah raga teratur dan mengkonsumsi makanan sehat yang bermanfaat bagi kesehatan payudara. Baca juga : 
5 Makanan Sehat agar Payudara Sehat 

 Disarikan dari berbagai sumber.

========================================================================
Membangun hidup sehat di abad 21


Dokter Phaidon L Toruan dalam sebuah bincang santai tentang penyakit di abad ke-21 di Jakarta beberapa waktu lalu mengatakan gaya hidup di abad ini mengerikan. Yaitu akan semakin bergantung dengan penyediaan makanan yang serba cepat atau siap saji. Pilihan makan ini disebabkan semakin mudahnya akses konektivitas dan menyebabkan kurangnya aktivitas fisik.

Tetapi, katanya, gaya hidup modern tersebut tidak bisa dihindari. Jeleknya lagi perubahan gaya hidup manusia modern pada abad ini diperparah dengan berkurangnya kualitas lingkungan hidup di tempat tinggal. Phaidon menuturkan tips supaya hidup sehat sebagai berikut:

1. Mengubah pola pikir
Hal yang paling mendasar untuk menjalankan pola hidup sehat dengan mengubah pola pikir supaya hidup mau serius mencanangkan hidup sehat. Setidaknya mesti ketat memiliki komitmen untuk menjalankan gaya hidup sehat dan praktiknya seperti agama, dengan harus mencari orang atau sosok yang benar-benar mampu sebagai teladan dan mau menyadarkan pentingnya hidup sehat.

2. Membutuhkan kemampuanl
Seperti halnya kecerdasan, kesehatan pun membutuhkan kemampuan supaya bisa serius bisa memiliki tubuh yang sehat, langsing, bugar, bergairah, dan relatif bebas. Kemampuan ini artinya akan menyesuaikan dengan jenis kelamin pria atau wanita, pekerja kantor atau ibu rumah tangga, usia, dan sebagainya. 

3. Mencanangkan komitmen dan motivasi
Untuk menyukseskan gaya hidup sehat harus benar-benar mencari orang atau sosok yang mampu memotivasi dan serius mengajak hidup sehat. Selama prinsip ada teman atau mitra yang sama-sama serius untuk menjalankan pola hidup sehat.

4. Memiliki lingkungan yang sehat
Gaya hidup dbentuk oleh lingkungan. Apabila Anda ingin menukar gaya hidup harus dimulai dari lingkungan. Dengan mengubahnya berarti Anda akan memiliki banyak teman untuk berkomitmen menerapkan hidup sehat.

5. Rajin datang ke seminar kesehatan 
Berada di tempat yang benar, misalnya dengan rajin mengunjungi acara-acara seminar kesehatan atau berlatih dan datanglah ke berbagai klub kebugaran.

6. Membatasi konsumsi makanan 
Tidak selamanya bisa mengontrol makanan yang dikonsumsi. Tetapi ada baiknya juga untuk mulai serius dan tegas, misalnya membatasi makanan yang digoreng. Makanan yang digoreng dengan minyak panas tinggi bisa menyebabkan darah menjadi lebih kental dan memperberat kerja jatung di dalam tubuh kita.

7. Mengurangi minuman mengandung gula
Sebaiknya mengurangi minuman yang mengandung gula, sebab gula akan mempercepat efek penuaan, obesitas yang berakibat pada penimbunan lemak di lever. Boleh pakai pemanis alami seperti gula aren ketimbang gula pasir.

8. Tekadkan diri dengan konsumsi makanan sehat
Sebaiknya bersantap sayuran dan buah sebagai menu wajib yang sangat membantu mencegah penyakit

9. Menyertakan suplemen
Sebaiknya menyertakan suplemen sebagai suplemasi tambahan untuk membantu memenuhi nutrisi yang kurang di dalam tubuh.

=================================================================================
Manfaat Bermain Bagi Anak


Peneliti sekaligus psikolog Universitas Airlangga Surabaya, Dewi Retno Suminar, mengatakan bermain dapat merangsang perkembangan daya imajinasi dan khayal pada anak. 

Secara teori, ujar Retno, anak bermain untuk mengkontruksi arti dan melakukan kegiatan eksplorasi sesungguhnya untuk mendapatkan informasi yang luas. "Bermain bagi anak dapat menjadi stimulasi bagi perkembangan kognisi, afeksi, maupun bagi perkembangan psikomotornya," kata Retno di Yogyakarta, Selasa, 11 September 2012.

Jenis permainan yang membuat anak mampu melakukan simbolisasi terhadap benda dan mengembangkan daya khayalnya disebut pretend play. Proses dalam pretend play ini meliputi pemberian makna, yaitu ketika anak menunjukkan perilaku "seolah-olah" dalam bermain.

Banyaknya mainan yang mengandalkan teknologi dan permainan invidual, menurut Retno, semakin membuat anak kurang tertarik pada interaksi, kurang empati, dan enggan memahami orang lain karena sibuk dengan permainannya.

Dalam bermain simbolis dan khayal, kata Dewi, anak akan memaknai alat-alat yang digunakan sehingga dapat dimanfaatkan untuk bermain (aspek kognisi). 

Anak kemudian mulai terlibat dalam bermain dan berpindah dari satu peran ke peran yang lain serta bagaimana membuat sarana bermain mereka dapat membuatnya mengerti dan memahami apa yang dirasakan ketika menjalankan peran (aspek afeksi).

Sementara pada saat bermain simbolis dan khayal secara berkelompok, anak akan melakukan interaksi dengan anak yang lain (aspek interpersonal). Selama melakukan permainan simbolis dan khayal, anak dapat mengalami ketegangan dan konflik dengan anak lainnya yang pada akhirnya akan memunculkan cara-cara mengatasinya agar proses bermain tetap berlangsung (aspek pemecahan masalah).

"Empat aspek tersebut tentu dapat ditemui ketika anak melakukan bermain simbolis dan khayal," katanya.

Menurut dia, masa prasekolah adalah waktu yang tepat memberikan stimulus model bermain simbolis dan khayal. Secara nyata apabila anak mendapatkan rangsangan bermain simbolis dan khayal, maka anak akan berkembang kemampuan kognisi, mampu memahami orang lain dan terasah secara kemampuan interpersonalnya.

Perilaku yang demikian menjadikan anak memiliki pribadi yang empati, tahu menempatkan diri dan mampu berkomunikasi dengan baik. "Pada akhirnya anak akan tumbuh menjadi sosok pribadi yang menyenangkan," kata dia. 

=================================================================================


0 komentar:

Posting Komentar